Langsung ke konten utama

Curhat Part 2



Halo, balik lagi dengan si pemalas ini. Hahaha Baru aktif seminggu di blog sudah nyerah dengan kesibukan yang belum seberapa. Ah ndak sempatlah, ah inilah. Parah lagi lihat list tulisan yang tiap minggunya semakin numpuk tapi gak pernah ada yang satupun selesai ditulis. Semuanya mentok di paragraf awal. Ini sih namanya bukan blogger. Fix deh, gagallll. Hahaha. But, sebelumnya aku makasih banget sama beberapa pembaca blog aku yang beberapa kali komen story WA atau Instagram* aku dan nanyain progres blog aku. It’s so special for me. Thanks for the support guys. Gak nyangka aja ada yang sebegitu nunggunya curhatan apa saja yang bakalan aku tulis di minggu selanjutnya. Kan aku jadi geer, sok ngartis gitu. Hahaha. Let’s begin.
Sebelumnya aku pernah singgung nih soal kegiatan aku setelah boyongan dari Jogja. Salah satunya adalah buka bimbel (bimbingan belajar) atau les. Pertama, aku memang ada niatan buat jasa ini sama temen waktu SMA. Tapi belum ada konsep dan masih fokus sama kesibukan masing-masing, alias nyesuaiin waktunya susah. Nah, pas banget ketika di rumah masih jadi pengangguran gak jelas itu, sepupu aku yang duduk di bangku SMP dan kebetulan nyari les buat persiapan UN akhirnya mulai belajar sama aku. Jujur, awalnya aku bingung banget mau ngajarin pakai konsep gimana. Aku yang memang basicnya bukan jadi guru sedikit bingung sama cara ngajar. Berhubung dia sepupu aku, ya kayak jadi mal praktik gitu, hahaha. Sorry Bil (namanya Salsabila, but I call her Bil). Pertama banget masuk les aku ingat banget kita ngemper di teras rumah haha. Waktu itu aku mikirnya biar dia belajar santai dan fun jadi aku ajak dia duduk teras depan rumah aja sambil lihatin orang lewat. Absurd banget ya.
Lanjut... jadi selama hampir dua minggu les sama Salsa, ada tetangga depan rumah yang mau les juga. If you know, setelah sorenya ngelesin anak SMP, malemnya aku diminta ngelesin anak TK B. Ngajarin baca sama nulis. Gimana tuh? Putar otak lagi kan sama metodenya. Anak TK loh... oh ya buat yang nganggep ngajarin anak TK lebih mudah daripada yang lain. You’re wrong man. Kalian harus pake cara pas buat dia ngerti dengan kosa kata mereka yang belum begitu banyak. Well, buat yang nanya, kenapa lesnya gak difokusin buat usia tertentu aja? Alasannya simple kok karena aku masih nganggur, jadinya terima semua tawaran aja. Haha. Oke, setelah itu ada tawarin lagi buat les anak kelas 1, 3 dan 5 SD. Bisa kalian bayangkan kan gimana padetnya jadwalku waktu itu? Jadi gak ada anak bimbinganku yang bisa dijadiin satu kelas. So, belajar privat atau per anak dan dijam yang berbeda. Ya ini kenapa aku bilang gak mudah, aku harus belajar materi mereka sebelum belajar. Nyiapin soal sama metode yang pas.
Bicara soal metode, aku memang anak pendidikan tapi bukan guru. Aku lebih fokus ke manajemen, untuk pembelajaran ya tau teorinya cuma praktiknya kan gak ada. Paling aku lihat suasana beljara pas masih kerja di Jogja dan lihat dari youtube juga. Untuk anak SD biasanya aku selingin sambil yel yel biar mereka gak ngantuk. Biasanya pas mereka dateng aku sambut sama gaya salim yang berbeda (terinspirasi dari instagram). Buat menarik perhatian dan biar gak bosen, aku selingin sama nonton video (gak lama lama kok, paling 5 menit dan pastinya sesuai dengan materinya). Untuk pendalaman materi biasanya aku kasih kuis yang hadiahnya bonus pulang 5 menit lebih awal dari jam pulang. Lalu gimana sama yang TK? Nah ini nih jadi PR besarnya. Biasanya aku siapin worksheet, setelah selesai baca aku ajak dia isi worksheet itu. Kadang aku manfaatin kertas origami buat bikin pesawat atau kapal sambil aku kasih soal atau teka teki di setiap sisi kertas. Aku juga buat flashcard sederhana buat belajar nyusun huruf jadi kata. Biar seimbang materi umum sama agamanya sebelum belajar kita selalu muroja’ah hafalan atau ngaji. Untuk usia SMP aku lebih sering ngajak diskusi dia. Setiap jawaban yang kita dapat dari soal pasti kita urai satu satu dan disambungin dengan materi lain. Biar gak bosen aku ajak dia ngerjain soal online. Aku terinspirasi dosen Metopen waktu kuliah. Selain itu sih dia terbiasa dengan soal online untuk persiapan ujian.

Sambil les anak-anak aku juga sambil nyari kerja. Banyak banget lamaran yang aku masukin, mulai dari sekolah sampai gudang meubel. Nah, singkat cerita nih, dari sekian lamaran yang aku masukin aku sempat mengikuti tes disalah satu yayasan terkemuka di Jepara, bahkan udah punya cabang di beberapa kota besar, termasuk Jogja. Sebenernya aku udah keterima disitu, karena ada persyaratan yang mengharuskan aku karantina hampir 5 bulan dengan biaya sendiri, aku memilih mundur. Kebetulan sih karena memang waktu itu persiapan kakak mau nikah dan beum siap dari biaya dan mental. Setelah mundur disitu, aku masukin lamaran lagi, akhirnya ada panggilan di sebuah gudang meubel. Kayak kehipnotis dan tanpa pikir panjang aku iyain aja buat langsung disuruh kerja pagi setelah hari wawancara. Jujur kenapa aku kayak yakin banget disitu, karena janji yang ditawarkan sama si bosnya menggiurkan, mulai dari gaji, tunjangan, fasilitas, dan lain-lain. Seminggu kerja disana aku dapat panggilan dari sekolah buat interview lagi, karena udah mantep ditempat kerja yang baru aku gak dateng waktu wawancara. Nah, setelah itu dua minggu berikutnya ada tawaran interview lagi. Yang kali ini gajinya juga lebih lumayan dan sistem kerjanya gak terlau tertekan. Tapi karena udah mantep sama yang ini ya gimana lagi. Lagi lagi aku gak dateng di interview kerja. Daaannnnn..... kerjaan yang aku pertahanin ternyata di bulan kedua aku udah give up. Hahaha. Cemen banget ya, baru dua bulan kerja udah resign. Entah ya, mungkin karena aku basicnya pendidikan, jadi ngelihat permainan yang menurutku gak baik, saling sikut antar temen, belum bosnya yang banyak main belakang, ahh...bukan aku banget. Wkwkwkw. Kayaknya aku emang gak cocok. Makin nyesel gak tuh, kenapa kemarin kemarin aku gak datang aja waktu wawancara kerja di tempat lain, siapa tahu bisa jadi pertimbangan lagi. Ya sudahlah, jadikan ini sebagai pengalaman buat kedepan.

Lalu sekarang ngapain? Aku jualan jilbab. Awal usaha ini sih karena emang lihat peluang karena momennya pas. Mau lebaran pasti orang nyari jilbab. Kenapa jilbab? Karena modalnya gak harus gede dan harganya terjangkau. Ok, usaha ini sih awalnya mau iseng iseng aja, yang penting aku gak nganggur pas puasa, hahaha. Yaudah deh akhirnya sedikit sedikit diteknunin. Dan alhamdulillah... lumayan laku.

Lalu pelajaran apa yang bisa diambil dari cerita ngalor ngidul diatas? Wkwkwkw.

Aku Cuma mau sharing aja sama kalian. Sebagai anak rantau yang terbiasa di Jogja dengan lapangan pekerjaan yang menurutku lebih banyak variasinya, aku lumayan kaget sama Jepara. Jadinya harus pinter pinter nyari kerja yang bikin nyaman. Apalagi fresh graduate kayak kita ini, yang masih labil dan sukanya explore. Sebenernya gak baik juga sih pindah pindah kerja, karena hal demikian gak bagus juga. Atau kalian manfaatin potensi dan skill yang ada dalam diri kalian. Bisa juga buka usaha kecil kecilan, usaha apapun juga.

Oh ya, apapun yang kalian lakukan kerjain dengan tekun dan sabar ya. Semangat ya.

*Follow :@alfiaturr

Komentar

  1. Semangat terus dek. Jadikan masa lalu sebagai pembelajaran untuk kedepannya.. 😊 beginilah warna warni kehidupan setelah wisuda 😂

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Guru Inspiratif

           Sore ini sudah cukup nongkrong di perpustakaan. Mau lanjut untuk observasi ke TPA PAMA di Papringan yang nantinya akan saya posting hasil observasinya untuk temen-temen tentang salah satu pelaksana pendidikan Islam ini. Hampir saja kelupaan ada tugas untuk mencari artikel tentang Sumber Daya Manusia Pendidikan sebagai tugas Pengantar Ilmu Manajemen untuk mengganti pertemuan hari Kamis yang libur kemarin. Akhirnya pilihan artikel jatuh pada tulisan ibu Saprilina Ginting, S.Pd yang mengangkat tema guru inspiratif. Hmmm.. menarik bukan? Nah di tugas pak Misbah kali ini kita diminta untuk membuat pointers dengan ketentuan minimal 15 baris. Next time juga akan aku posting bagaimana pointers dan kesimpulan yang bisa aku ambil dari artikel ini. see you next time :) Menjadi Guru Inspiratif, Modal Berharga Bagi Masa Depan Siswa             Senin, 5 Mei 2015 Bagi sebahagian orang, menjadi seorang guru bukanlah perkara sulit, walaupun bukan dari latar belakang pend

contoh makalah BTQ

MAKALAH BTQ QALQALAH DAN AL-TA’RIF     Guru pengampu : Bp. Anwar, S.pd.I Disusun oleh     : Alfiatur Rohmah                                     Etika Rohma Shofiana   Madrasah Aliyah Negeri Bawu Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013 BAB I PENDAHULUAN       Hukum mempelajari ilmu tajwid adalah F ardu Kifayah, akan tetapi mempergunakan ilmu itu dalam membaca Al-Qur’an adalah fardhu’ain (wajib). Sebagaimana kita ketahui bahwa Rasulullah SAW selalu membaca Al-Qur’an dihadapan malaikat jibril. Oleh karena itu, kita sebagai umat beliau hendaknya mengikuti apa yang beliau lakukan. Namun sayangnya masih banyak manusia yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yang sesuai dengan ilmu tajwid. Sebenarnya hal tersebut perlu kita waspadai, karena apabila kita tidak membaca ayat suci Al-Qur’an dengan tetap maka makna yang terkadung di dalamnya pun tidak akan sesuai dengan itu khususnya siswa-siswi Madrasah Al

Janji..

            Kami tak perlu memulai untuk sebuah janji. Kami hanya perlu mengakhiri dengan pasti. Entah apa rencana dari - Nya yang maha kasih maha segalanya yang mengatur tanpa kita tahu alur cerita dari setiap skenarionya. Terkadang, menyesalinya di akhir untuk rencana manis tanpa sambut hangat kita. Tapi kini aku harus mulai mengerti untuk sebuah jalan cerita baru hidupku dan masa depanku. ∞             Ini janji yang kesekian kalinya setelah resmi menjadi suami Anna. Gadis itu sudi aku nikahi hanya dengan mahar yang sederhana, seperangkat alat sholat, hanya itu, tanpa cincin kawin atau uang tunai.               Malam ini aku akan mengajakmu makan malam di cafe favoritmu yang tempo hari kau ceritakan karena cokelat panasnya begitu enak. Aku gajian hari ini. Tak perlu khawatir sayang aku tak akan lembur lagi. Tunggu aku tepat pukul 7 di taman cafe. Love you – suamimu.             Pesan panjang itu segera kukirimkan pada Anna setelah aku terima gaji pertamaku sebagai kar