Sore ini
sudah cukup nongkrong di perpustakaan. Mau lanjut untuk observasi ke TPA PAMA
di Papringan yang nantinya akan saya posting hasil observasinya untuk temen-temen
tentang salah satu pelaksana pendidikan Islam ini. Hampir saja kelupaan ada
tugas untuk mencari artikel tentang Sumber Daya Manusia Pendidikan sebagai
tugas Pengantar Ilmu Manajemen untuk mengganti pertemuan hari Kamis yang libur kemarin.
Akhirnya pilihan artikel jatuh pada tulisan ibu Saprilina Ginting, S.Pd yang mengangkat tema guru inspiratif. Hmmm.. menarik bukan?
Nah di tugas pak Misbah kali ini kita diminta untuk membuat pointers dengan
ketentuan minimal 15 baris. Next time juga akan aku posting bagaimana pointers
dan kesimpulan yang bisa aku ambil dari artikel ini. see you next time :)
Bagi sebahagian orang, menjadi seorang guru bukanlah perkara sulit, walaupun bukan dari latar belakang pendidikan, mereka tetap bisa mengajar, mengoreksi soal, membuat soal, bahkan cara mengajar mereka lebih baik dari guru yang memiliki latar belakang pendidikan, apakah dengan demkikian dianggap tugas sebagai seorang guru selesai? rasanya belum.
Menjadi Guru Inspiratif, Modal Berharga Bagi Masa Depan Siswa
Senin, 5 Mei 2015
Bagi sebahagian orang, menjadi seorang guru bukanlah perkara sulit, walaupun bukan dari latar belakang pendidikan, mereka tetap bisa mengajar, mengoreksi soal, membuat soal, bahkan cara mengajar mereka lebih baik dari guru yang memiliki latar belakang pendidikan, apakah dengan demkikian dianggap tugas sebagai seorang guru selesai? rasanya belum.
Namun
hal ini serasa bertentangan dengan yang seharusnya yang dilakukan seorang guru,
dimana seorang guru tidak hanya harus bisa mengajar, namun juga seorang guru
harus bisa menjadi sumber inspirasi buat siswanya, dan ini bukanlah hal yang
mudah untuk dilakukan, namun bukan tidak mungkin untuk dilaksanakan.
Kapan
seorang guru dikatakan guru yang inspiratif? Menurut buku Aplikasi Ilmu
Psikologi Positif: Guru inspiratif adalah guru yang memberikan stimulasi mental
kepada murid - muridnya Dimana diharapkan dari stimulasi mental yang diberikan
kepada siswa akan memberikan dampak yang lebih kuat terhadap pemahaman
murid/siswa, karena semakin banyaknya emosi positif yang dirasakan oleh siswa
pada saat belajar maka penguasaan materi pembelajaran akan semaikin baik.
Bagaimana
Caranya Menjadi Guru yang Inspiratif? Berdasarkan sumber buku yang saya baca
untuk menjadi guru yang inspiratif salah satunya adalah dengan mengajar
menggunakan PAIKEM (Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif dan
Menyenangkan), Karena dengan mengajar menggunakan PAIKEM dapat menginspirasi
murid untuk berpikir, sehingga rasa ingin tahu siswa berkembang, dan perubahan
yang terjadi pada diri anak ke arah yang lebih baik akan lebih mudah terjadi.
Menurut National
Board For Proffesional Teaching Standar, dalam bonds. Ada 13
Kriteria Standar Guru Inspiratif dan Professional:
- Menguasai materi pelajaran dengan baik
- Mampu menggunakan dengan tepat kemampuan, dalam mengajar dan belajar
- Mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan instruksional pembelajaran
- Mampu melakukan improvisasi dalam mengajar
- Mampu melakukan manajemen kelas dengan baik
- Memiliki kepekaan dalam menanggapi situasi selama pembelajaran berlangsung
- Memiliki sensitivitas terhadap konteks
- Mampu memonitor pembelajaran
- Selalu bertindak berdasarkan data
- Respek terhadap orang lain
- Mempunyai jiwa yang mendidik
- Mampu memfasilitasi murid agar mencapai prestasi tertinggi
- Mampu memfasilitasi murid agar lebih memahami kompleksitas
Dari
uraian diatas, dapat terlihat menjadi guru yang inspiratif bukanlah hal yang
mudah, namun harus tetap berusaha! dan harus yakin pasti bisa!. Dengan menjadi
guru inspiratif diharapkan ada sosok yang mampu memotivasi dan menginspirasi
siswa, agar siswa mampu mengoptimalkan setiap potensi yang mereka miliki
sehingga berguna bagi masa depan mereka nanti.
Yuk belajar jadi guru insipiratif !!
Oleh: Saprilina Ginting, S.Pd*
Penulis adalah guru matematika SMA Unggulan CT
Foundation
Diakses
pada hari Jum’at 15 Mei 2015 pukul 16.40
Komentar
Posting Komentar